Cara Belajar Tidak Mudah Lupa

Pernah ga ngalamin ketika ujian tiba-tiba ga bisa kerjain soal karena lupa? Gimana sih cara belajar tidak mudah lupa? Kemana perginya memori materi pelajaran yang sudah kita ingat-ingat?  Ternyata aktivitas belajar dalam otak juga mirip melatih gedein otot tubuh kamu.

Sebenarnya apa sih yang terjadi di otak ketika belajar?

Ketika kita belajar sesuatu yang baru, maka beberapa neuron atau sel saraf akan aktif bersamaan dan saling mengirimkan sinyal listrik. Antar sel saraf itu dihubungkan oleh sinapsis. Hubungannya masih lemah ketika baru pertama kali belajar. Akibatnya kita merasa lamban, canggung atau sulit ketika pertama kali belajar.

Jadi setiap orang pasti akan merasakan sulit ketika belajar hal baru dan mudah lupa lagi. Terus gimana cara belajar tidak mudah lupa?

Kuncinya adalah mengulang. Ketika kita mempelajarai hal yang sama berulang kali, maka hubungan antar sel saraf itu akan dilapisi oleh MYELIN.  Inilah bahan dasar biologis cara belajar tidak mudah lupa

“Myelin—sangat luar biasa dan hebat sekali. Penemuan itu masih baru tetapi bisa jadi sesuatu yang sangat besar.”  Dr. Douglas Fields, Direktur Laboratorium Pengembangan Neuorobiologi di National Institute of Health Maryland.

Menurut Dr. Fields dalam buku The Talent Code, myelin dapat menjelaskan unsur dasar biologis dari proses belajar. Myelin akan meningkatkan kekuatan, kecepatan dan ketepatan sinyal listrik yang dikirimkan.

Tiap Pengulangan, Myelin Bertambah Tebal
Myelin: Unsur Biologis Cara Belajar Tidak Mudah Lupa (Wikipedia.Org)

Myelin mengubah jalan setapak yang dilalui sinyal listrik menjadi jalan tol yang luas dan secepat kilat. Lalu lintas saraf yang dulunya hanya berkecepatan dua mil per jam, dengan bantuan myelin kecepatannya menjadi dua ratus mil per jam.

Inilah peran penting myelin. Sel-sel neuron memang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita dengan terus-menerus membentuk koneksi baru, tetapi myelin memiliki fungsi untuk mempercepat transmisi data antarkoneksi tersebut. Tanpa myelin walapun sudah mengulang-ulang ribuan kali, tetapi kita tetap lamban seperti belajar pertama kali.

Semakin sering mengulang, semakin tinggi myelin pada rangkaian sel saraf tersebut.  Hasilnya semakin kuat, cepat dan lancar gerakan atau pun pikiran kita.

“Myelin merupakan kunci untuk berbicara, membaca, keterampilan belajar dan kunci menjadi manusia” Dr George Bartzokis, Profesor neurologi UCLA.

Koneksi yang sudah dibungkus myelin akan bertahan lama. Inilah hasil cara belajar tidak mudah lupa terjadi.

Uniknya myelin membungkus tapi tidak bisa membuka kecuali karena penyakit. Itulah alasan mengapa kebiasaan lama sulit dihilangkan.  Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan terus mengulangi kebiasaan baru, walaupun sulit karena kita harus me-myelinasi rangkaian sel saraf kebiasaan baru.

Bagaimana cara belajar tidak mudah lupa dalam belajar akademik?

Pelajarilah dengan benar materi dasar sejak awal dan berulang-ulang. Jika kita merekam informasi yang salah, dan kesalahan tersebut diulang berkali-kali, informasi yang salah akan semakin kuat dan sulit diubah.

Ketika konsep dasarnya salah maka untuk belajar materi selanjutnya bisa jadi semakin sulit. Akibatnya kita harus belajar konsep dasar kembali dengan benar sebelum melanjutkan materi selanjutnya.

Jadi haruskah semua tulisan atau rumus dalam materi pelajaran harus diulang-ulang puluhan bahkan ratusan kali supaya menempel di otak???

Bakal habisin waktu banget donk karena banyak banget yang harus dihapal.

Ga koq!!  Ini sekilas saya jelasin. Pengulangan adalah prinsip utama dalam cara belajar tidak mudah lupa. Tapi ada beberapa riset lain tentang tentang belajar efektif.

Ini terkait bagaimana informasi yang masuk ke otak disusun atau diorganisir. Ternyata para ahli kelas dunia bisa memampatkan, meringkas, memadatkan informasi yang banyak sehingga menjadi lebih sedikit untuk dimasukkan ke otak. Jadi sebenarnya para ahli untuk mengingat hanya melakukan pengulangan informasi lebih sedikit.

Inilah tips Singkat Cara Belajar Tidak Mudah Lupa

  • Pelajaran yang rumit bisa dipecah-pecah ke dalam beberapa bagian,
  • Pengulangan diprioritaskan dulu pada bagian yang paling sering muncul pada bidang yang ingin kita kuasai. Bagian inilah yang mendapat porsi myelin lebih tebal dibanding lainnya.
  • Selanjutnya kaitkanlah informasi baru dengan prinsip-prinsip utama. Berupayalah agar informasi baru selalu dikaitkan dengan informasi lama.
  • Untuk mengkaitkan informasi baru pahamilah konsepnya. Ingat sel-sel neuron menyimpan dan memproses data membentuk rangkaian serabut saraf yang saling berhubungan. Lengkapnya akan dibahas tentang bagaimana menyusun informasi di otak dengan efektif.

Jadi apa prinsip utama cara belajar tidak mudah lupa? PENGULANGAN!

Mau tau ga sarana belajar revolusioner saat ini agar kamu mudah mengulang-ulang pelajaran kapanpun dimanapun? Pake aja zenius, klik www.eduedi.com

 

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.