Ikutan Tryout SBMPTN Akbar Ngaruh Ga Sih?

Kamu mungkin berpikir, “ah sering-sering ikutan tryout ah biar nanti makin terbiasa pas ujian SBMPTN”. Tiap ada info tentang tryout Akbar atau Serentak kamu langsung ikutan.

Ngaruh ga sih sering ikutan Tryout Akbar dan Serentak itu?

Ada sih ngaruhnya, biar kamu terbiasa suasana ujiannya dan bisa ngukur kemampuan kamu dengan pesaing kamu. Intinya kamu makin terbiasa cara ngisi kertas jawaban.

Apakah bakal naikin skor kamu nanti pas SBMPTN ? Apakah ikutan tryout bisa bikin kamu tembus Passing Grade sebenarnya?

Nah, kalo ini kita lihat dulu, setelahnya kamu lakuin ini ga :

  • Apakah kamu lihat pembahasan soalnya ?
  • Setelah kamu lihat pembahasannya apakah kamu evaluasi diri bab-bab apa saja yang sudah kamu kuasai dan mana yang belum ?. Note: Bab yang kamu kuasai itu artinya tiap nemu bab soal tentang bab itu, kamu yakin bisa jawab dengan benar.
  • Kalo ada bab yang belum kamu kuasai, kapan dan bagaimana kamu belajar menguasainya ?

Nah, kalo kamu jawabnya ga lakuin hal diatas maka Tryout kamu jadi ga ngaruh! Bahkan parahnya kamu bisa makin pesimis karena kamu ga bisa ngerjain soal-soal tryoutnya.

Sekali lagi tujuan Tryout Serentak itu untuk mengevaluasi diri. Yang paling penting setelah kamu ikutan Tryout, yakni belajar efektif untuk menguasai bab materi sehingga kalo kamu nemu bab tentang itu kamu bisa yakin jawab 100% benar. Nah, semakin banyak bab yang kamu kuasai maka skor kamu akan meningkat pas SBMPTN sebenarnya. Jadi belajar yang efektif yaa.. Pake zenius lebih mudah 🙂 .

FacebookTwitterGoogle+Share

Cara Belajar Tidak Mudah Lupa

Pernah ga ngalamin ketika ujian tiba-tiba ga bisa kerjain soal karena lupa? Gimana sih cara belajar tidak mudah lupa? Kemana perginya memori materi pelajaran yang sudah kita ingat-ingat?  Ternyata aktivitas belajar dalam otak juga mirip melatih gedein otot tubuh kamu.

Continue reading →

FacebookTwitterGoogle+Share
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.